2018, Disbun Target Tingkatkan Pendapatan Petani Kelapa

2018, Disbun Target Tingkatkan Pendapatan Petani Kelapa - Hallo sahabat Berita Berita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 2018, Disbun Target Tingkatkan Pendapatan Petani Kelapa, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Berita, Artikel Berita dini hari, Artikel Berita hangat, Artikel Berita harga, Artikel Berita hari ini, Artikel Berita islam, Artikel Berita jalanan, Artikel Berita kemarin, Artikel Berita malam ini, Artikel Berita politik, Artikel Berita terbaru, Artikel Berita war, Artikel ini Berita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 2018, Disbun Target Tingkatkan Pendapatan Petani Kelapa
link : 2018, Disbun Target Tingkatkan Pendapatan Petani Kelapa

Baca juga


2018, Disbun Target Tingkatkan Pendapatan Petani Kelapa

Kepala Dinas Perkebunan Sulut Refly Ngantung.
SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi melalui Dinas Perkebunan Daerah terus memacu program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) dalam upayakan mensejahterahkan masyarakat bumi nyiur melambai Sulawesi Utara (Sulut). Dan 2018, Dinas Perkebunan Daerah Sulut menargetkan peningkatkan dan pendapatan kesejateraan para petani kelapa di daerah ini.

Hal ini tegaskan oleh Kepala Dinas Perkebunan Daerah Provinsi Sulut Refly Ngantung kepada awak media, Rabu (8/11/2017) siang tadi di ruang kerjanya.

Dijelaskannya dalam upaya mengoptimalkan lahan diantara pohon kelapa dan tanaman perkebunan lainnya supaya memberikan nilai  tambah.

"Contohnya kita memanfaatkan mendukung kegiatan Pajale (Padi, Jagung, Kedele), jadi khusus untuk perkebunan sangat cocok untuk menanam jagung diantara tanaman kelapa, cengkeh atau tanaman perkebunan lainnya. Selain mendukung program Pajale, tapi juga dalam rangka peningkatkan pendapatan petani kelapa karena nilai tukar petani (NTP) masih dibawah 100. Kita harapkan ditahun 2021 NTP bisa diatas 100 sehingga upaya-upaya kongkrit kita laksanakan setiap tahun bisa terjadi memperbedayakan masyarakat untuk cepat mendapatkan pendapatan agar bisa mengdokrak yang namanya NTP tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah kita memberikan cuma-cuma,  kita berikan bibit cuma-cuma, dan pemberian alat pengelola hasil, alat pengelola minyak goreng serta pemberian alat pengasapan kelapa sehingga bisa menghasilkan produk-produk yang punya daya saing," bebernya.

Selain itu kata dia sesuai komitmen pak Gubernur dan wakil Gubernur bahwa kita akan mengembalikan kejayaan rempah dan kejayaan kelapa.

"Kita bersyukur provinsi Sulut telah ditunjuk pak Presiden menjadi salah satu atau satu-satunya cluster inovasi kelapa. Jadi bicara inovasi kelapa berarti dari aspek budidaya sampai ovamnya Sulawesi Utara menjadi show window teknologi kelapa sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak akan meremajakan kelapa yang sudah tua rusak dan tidak ada alasan  untuk tidak mau meningkatkan produksi kelapa, karena saatnya untuk menjawab kekurangan bahan baku dari pada industri kelapa yang ada di Sulut ini agar bahan baku bisa terjamin untuk tahun-tahun yang akan datang, tapi yang pasti tujuannya demi kesejahteraan para masyarakat, kesejahteraan petani, dan kesejateraan pekebun supaya menjadi fokus kita tahun ini maupun tahun-tahun yang akan datang," ujarnya.

Lanjutnya kedepan 350 ribu bibit kepaka bantuan dari pemerintah pusat akan disebarkan di Kab/Kota dan bantuan peralatan pengelolaan kelapa yang canggih.

"Ini juga untuk mengoptimalkan program OD-SK dalam rangka mewujudkan Sulut Hebat. Dan akhir Bulan November ini kita akan mencanangkan program Gerakan Sulut Menanam. Agar pada Bulan Januari 2018 kita akan starting dengan menanam, menanam dan menanam demi terwujudnya program OD-SK dalam upaya mensejahterahkan masyarakat bumi nyiur melambai Sulawesi Utara," pungkasnya.

(ROKER)





Demikianlah Artikel 2018, Disbun Target Tingkatkan Pendapatan Petani Kelapa

Sekianlah artikel 2018, Disbun Target Tingkatkan Pendapatan Petani Kelapa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 2018, Disbun Target Tingkatkan Pendapatan Petani Kelapa dengan alamat link https://kuberitai.blogspot.com/2017/11/2018-disbun-target-tingkatkan.html

Subscribe to receive free email updates: