Pesta Adat Tulude Desa Pulisan Sukses Digelar

Pesta Adat Tulude Desa Pulisan Sukses Digelar - Hallo sahabat Berita Berita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pesta Adat Tulude Desa Pulisan Sukses Digelar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Berita, Artikel Berita dini hari, Artikel Berita hangat, Artikel Berita harga, Artikel Berita hari ini, Artikel Berita islam, Artikel Berita jalanan, Artikel Berita kemarin, Artikel Berita malam ini, Artikel Berita politik, Artikel Berita terbaru, Artikel Berita war, Artikel ini Berita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pesta Adat Tulude Desa Pulisan Sukses Digelar
link : Pesta Adat Tulude Desa Pulisan Sukses Digelar

Baca juga


Pesta Adat Tulude Desa Pulisan Sukses Digelar

MINUT, Elnusanews -- Pemerintah Desa Pulisan Kecamatan Likupang Timur (Liktim) dalan menjaga dan melestarikan adat budaya Nusa Utara (Sangihe-Talaud), melaksanakan pesta adat Tulude yang dihadiri oleh ratusan warga etnis Nusa Utara yang ada di desa tersebut, Selasa 4 Februari 2020. Adat Tulude ini menjadi pesta budaya yang dilaksanakan setiap awal tahun untuk menolak bencana.

Pesta adat yang turut dihadiri oleh Camat Liktim Delby Wahiu ini lebih dahulu diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Ketua BPMJ GMIM Ora et Labora Pulisan, Pdt. Sintce Dompas Mantiri, S.Th dengan mengambil Kitab Perjanjian Lama dalam Mazmur 122:6-8.
Hukum Tua (Kumtu) Desa Pulisan, Vecklie Johanis Amsa mengatakan jika pesta adat ini adalah budaya orang Sangehi-Talaud, tapi bukan berarti orang Minahasa tidak boleh datang. Untuk itu sudah seharusnya, generasi penerus harus mempertahankan adat budaya ini. "Adat ini harus dilestarikan," tandasnya.

Diakuinya jika dirinya pada tanggal 6 Februari 2020 merupakan waktu terakhir memerintah Desa Pulisan. Nantinya pada 7 Februari 2020 akan ada penjabat Kumtua.
"Untuk itu saya minta agar masyarakat Pulisan ikut mendukung penjabat Kumtua yang baru. Mari kita saling baku-baku bae dan saya mohon maaf kepada masyarakat jika selama 6 tahun memimpin ada salah," katanya.

Sementara itu, Camat Liktim Delby Wahiu dalam sambutannya mengatakan jika pemerintah daerah sangat mendukung pesta adat Tulude ini.

"Pesta ini mengandung makna mengucap syukur terhadap Tuhan yang telah memelihara kita di tahun 2019 hingga bisa hadir di tahun ini," katanya.

Dirinya mengatakan jika pemerintah pusat telah menetapkan KEK Pariwisata Pulisan lewat PP No 84 Tahun 2019. Penetapan ini merupakan hadiah bagi 3 desa di Kecamatan Liktim yakni Pulisan, Marinsow dan Kinunang.

"Kita patut berbangga karena ini hadiah bukan untuk 3 desa, tapi bagi Pemerintah Kabupaten Minut. Untuk itu kita perlu berterima kasih kepada ibu Bupati yang konsen dengan KEK Pariwisata ini," katanya seraya menambahkan jika adanya KEK ini akan meningkatkan perekonomian warga Likupang secara khususnya. (Tommy)


Demikianlah Artikel Pesta Adat Tulude Desa Pulisan Sukses Digelar

Sekianlah artikel Pesta Adat Tulude Desa Pulisan Sukses Digelar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pesta Adat Tulude Desa Pulisan Sukses Digelar dengan alamat link https://kuberitai.blogspot.com/2020/02/pesta-adat-tulude-desa-pulisan-sukses.html

Subscribe to receive free email updates: