Hearing Dengan Diskop dan UMKM, Jems Tuuk Pertanyakan Jumlah Koperasi di Sulut

Hearing Dengan Diskop dan UMKM, Jems Tuuk Pertanyakan Jumlah Koperasi di Sulut - Hallo sahabat Berita Berita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Hearing Dengan Diskop dan UMKM, Jems Tuuk Pertanyakan Jumlah Koperasi di Sulut, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Berita, Artikel Berita dini hari, Artikel Berita hangat, Artikel Berita harga, Artikel Berita hari ini, Artikel Berita islam, Artikel Berita jalanan, Artikel Berita kemarin, Artikel Berita malam ini, Artikel Berita politik, Artikel Berita terbaru, Artikel Berita war, Artikel ini Berita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Hearing Dengan Diskop dan UMKM, Jems Tuuk Pertanyakan Jumlah Koperasi di Sulut
link : Hearing Dengan Diskop dan UMKM, Jems Tuuk Pertanyakan Jumlah Koperasi di Sulut

Baca juga


Hearing Dengan Diskop dan UMKM, Jems Tuuk Pertanyakan Jumlah Koperasi di Sulut



DEPROV,Elnusanews -- Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi II DPRD Sulut dengan Dinas Koperasi dan UKM Sulut, personil Komisi II Ir. Julius Jems Tuuk mempertanyakan jumlah Koperasi yang terdaftar di Sulut maupun ada berapa banyak Koperasi yang dikatakan sukses.

Menurutnya, hal ini dipandang perlu agar masyarakat bisa mengetahui sejauh mana kinerja dari dinas koperasi.

“Hal ini agar masyarakat Sulut bisa mengetahui secara terperinci apa saja yang telah digenjot Dinas Koperasi selama ini,” kata Tuuk. Senin (3/02/20) siang.

Lebih lanjut, Tuuk juga mempertanyakan penyebab sebagian besar koperasi di Sulut tidak melaksanakan RAT.

“Kira-kira apa yang salah sehingga koperasi-koperasi ini tidak maju, apa sih akar permasalahannya. Menghitung dari presentase bahwa hanya sekitar 7-8% yang mengikuti RAT dari jumlah keseluruhan koperasi yang aktif. Disisi lain Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada Dinas Koperasi yang sudah terus melakukan pelatihan-pelatihan terhadap pelaku koperasi, tapi sampai sekarang saya sendiri tidak habis pikir kenapa sebagian besar koperasi-koperasi ini tidak maju-maju. Apa sih penyakitnya, mari kita bisa obatin sama-sama,” tanya Tuuk.

Menanggapi pertanyaam tersebut, Kepala Dinas Koperasi Sulut Ronald Sorongan melalui Kepala Bidang SDM Victory Palar mengatakan bahwa koperasi yang terdaftar di Sulut adalah sebanyak 6320 unit dimana yang aktif sampai desember 2019 adalah 3617 unit.

“Kami (Dinas Koperasi) sadari bahwa dari 3617 unit koperasi yang aktif, hanya 226 unit koperasi yang melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan). Hal ini memang diharuskan bagi koperasi untuk melaksanakan RAT tiap tahunnya dan juga sebagai forum penilaian keberhasilan koperasi itu sendiri. Dan untuk menilai apakah koperasi itu bisa dikatakan sukses adalah bisa memenuhi anggota yang dilayaninya. Kami sadari bahwa tingkat keberhasilan Koperasi di Sulut memang belum maksimal,” jelasnya.

Terkait dengan sebagian besar koperasi di Sulut tidak melaksanakan RAT, Victory Palar mengatakan pertama adalah menyangkut masalah SDM yang memang dari tahun 90an pembentukan koperasi tidak di didik untuk memahami hak dan kewajiban koperasinya tapi sedikit demi sedikit Dinas Koperasi terus menggenjot masalah itu.

“Yang kedua menyangkut modal, dulu waktu masa keemasan cengkih, koperasi difasilitasi permodalannya untuk pedagang cengkih sampai pada pupuknya juga difasilitasi oleh pemerintah, namun saat semuanya dilepas mekanisme pasar, semuanya seakan kelabakan, kekurangan modal. Usaha jalan tapi melaksanakan RAT untuk mengundang anggota tidak berdaya. Masalah itu yang sering kami (Dinas Koperasi) temui dilapangan,” jelasnya. (RaKa)



Demikianlah Artikel Hearing Dengan Diskop dan UMKM, Jems Tuuk Pertanyakan Jumlah Koperasi di Sulut

Sekianlah artikel Hearing Dengan Diskop dan UMKM, Jems Tuuk Pertanyakan Jumlah Koperasi di Sulut kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Hearing Dengan Diskop dan UMKM, Jems Tuuk Pertanyakan Jumlah Koperasi di Sulut dengan alamat link https://kuberitai.blogspot.com/2020/02/hearing-dengan-diskop-dan-umkm-jems.html

Subscribe to receive free email updates: