OD-SK Apresiasi Penyusunan Masterplan Kawasan Komoditas Cengkeh

OD-SK Apresiasi Penyusunan Masterplan Kawasan Komoditas Cengkeh - Hallo sahabat Berita Berita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul OD-SK Apresiasi Penyusunan Masterplan Kawasan Komoditas Cengkeh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Berita, Artikel Berita dini hari, Artikel Berita hangat, Artikel Berita harga, Artikel Berita hari ini, Artikel Berita islam, Artikel Berita jalanan, Artikel Berita kemarin, Artikel Berita malam ini, Artikel Berita politik, Artikel Berita terbaru, Artikel Berita war, Artikel ini Berita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : OD-SK Apresiasi Penyusunan Masterplan Kawasan Komoditas Cengkeh
link : OD-SK Apresiasi Penyusunan Masterplan Kawasan Komoditas Cengkeh

Baca juga


OD-SK Apresiasi Penyusunan Masterplan Kawasan Komoditas Cengkeh


SULUT,Elnusanews – Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengapresiasi langkah strategis Dinas Perkebunan Daerah Sulut dalam menyusun masterplan sebagai solusi membantu peningkatan produksi komoditas cengkeh, terlebih mencari solusi dalam menentukan posisi tawar harga komodtas cengkeh berbasis korporasi.
Hal ini dikatakan Asisten Pembangunan dan Perekonomian Rudy Mokoginta saat bawakan sambutan pada Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Penyusunan Masterplan Pengembangan Kawasan Komoditas Cengkeh tahun 2019, Selasa (15/10/2019) tepatnya di salah satu hotel terkemuka di manado.
Lanjutnya Provinsi Sulawesi Utara memiliki cluster dan kawasan perkebunan yang menghasilkan beragam komoditi pertanian dan perkebunan, salah satunya komoditi cengkeh.
"Dinamika kebijakan pembangunan pertanian yang dihadapkan pada perubahan teknologi informasi dan berdampak pada keharusan menerapkan sistem pertanian modern dalam pembangunan pertanian, baik pada aspek teknis produksi maupun manajemen usaha tani yang lebih efisien dan dapat lebih berdaya saing. Hal itu, sesuai amanat Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2016 yang direvisi menjadi Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi Petani," ungkap Mokoginta.
Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan Refly Ngantung mengatakan adapun tujuan pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi Petani, antara lain; untuk meningkatkan nilai tambah serta daya saing wilayah dan komoditas pertanian; untuk keberlanjutan ketahanan pangan nasional; untuk memperkuat sistem usaha tani secara utuh dalam satu manajemen kawasan; untuk memperkuat kelembagaan petani dalam mengakses informasi, teknologi, prasarana dan sarana publik, permodalan serta pengolahan dan pemasaran.
"Atas dasar Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2018 tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi Petani dan serta Peraturan Daerah Sulawesi Utara nomor 1 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Sulawesi Utara 2014-2034, maka Dinas Perkebunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara melakukan penyusunan Masterplan Pengembangan Kawasan Komoditas Cengkeh Berbasis Korporasi Petani di Sulawesi Utara. Dalam konteks itulah, maka pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Penyusunan Masterplan Pengembangan Kawasan Komodltas Cengkeh Berbasis Koorporasi Petani di Sulawesi Utara saat ini, merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman, serta meningkatkan koordinasi dan sinergitas yang terintegrasi, khususnya untuk memantapkan Pengembangan Kawasan Komoditas Cengkeh Berbasis Korporasi Petani di Sulawesi Utara,” Tutur Ngantung.
Refly Ngantung pun berharap forum ini dapat membahas berbagai permasalahan dan solusi alternatif terhadap Penyusunan Masterplan Pengembangan Kawasan Komoditas Cengkeh Berbasis Korporasi Petani di Sulawesi Utara, serta dapat menghasilkan rekomendasi strategis dan terobosan cerdas dalam penataan ruang.
“Karena itu, saya berharap agar kita semua dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kesungguhan sampai selesai. Kedepannya, mari kita tetap perkokoh persatuan dan kesatuan, serta kebersamaan sebagaimana telah tercipta selama ini,” tutup Mokoginta.
Diketahui Rakor dan  Penyusunan Masterplan Pengembangan Kawasan Komoditas Cengkeh tahun 2019, resmi di buka oleh Asisten II Setdaprov Sulut Rudy Mokoginta mewakili pemerintah OD-SK. Dan kegiatan tersebut ditutup oleh Kepala Dinas Perkebunan Daerah Provinsi Sulut Refly Ngantung.
Kegiatan ini dihadiri Kadis Perkebunan Daerah Refly Ngantung, Kadis Pangan Daerah Sandra Moniaga, perwakilan Kementan RI, Wabup Bolmong Janny Tuuk, Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten/Kota se-Sulut, instansi vertikal terkait, dan jajaran Dinas Perkebunan Sulut.

(ROKER)



Demikianlah Artikel OD-SK Apresiasi Penyusunan Masterplan Kawasan Komoditas Cengkeh

Sekianlah artikel OD-SK Apresiasi Penyusunan Masterplan Kawasan Komoditas Cengkeh kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel OD-SK Apresiasi Penyusunan Masterplan Kawasan Komoditas Cengkeh dengan alamat link https://kuberitai.blogspot.com/2019/10/od-sk-apresiasi-penyusunan-masterplan.html

Subscribe to receive free email updates: